Thursday, September 1, 2016 | By: Bagus Yulianto

11 Rekomendasi Film untuk Memunculkan Inspirasi dalam Menulis



11 Rekomendasi Film untuk Memunculkan Inspirasi dalam Menulis

Dalam menulis tentu sangat banyak hal yang bisa dilakukan dalam mencari ide-ide dalam menulis. Ide-ide ini akan memberikan kita inspirasi yang berkepanjangan sehingga membuat kita lancar didalam menulis. Banyak cara yang biasa dilakukan oleh para penulis dalam menemukan inspriasinya masing-masing. Mulai dari mencurahkan pengalaman pribadi, mendengar lagu, melihat pemandangan, dan menonton film.

Kali ini Dunia Sastraku akan memberikan rekomendasi film untuk para pembaca semua yang sedang mengalami stuck dalam menulis. Berharapkan dari rekomenndasi akan membantu sahabat pembaca semua.

1.      Gie

Gie

Ketika penulis menonton salah satu film Indonesia ini, tidak ada kata selain kata “luar biasa” setelah menonton. Susunan cerita yang disusun begitu apik dan mempesona disetiap adgannya. Memberikan arti sebagai seorang sastrawan. Sastrawan yang tidak terpengaruh oleh golongan dan pihak mana pun. Karena bebas adalah kata yang tepat untuk mengungkapkan sebuah karya seni yang dituliskan di atas kertas. Kalian harus menonton film Indonesia ini.

Diangkat dari kisah nyata seorang sastrawan yang hidup pada era Demokrasi Terpimpin, masa Presiden Soekarno. Bagaimana arus politik yang terus mendera dan ia yang tetap teguh dengan pendiriannya melalui tulisan-tulisan yang ia buat. Di sepanjang film akan diperdengar kata-kata indah dari buku harian sang tokoh.

Penulis sangat merekomendasikan film ini bagi pembaca yang berminat mengenal sastra.

2.      Pan
Levi Miller Pan

“Sometime, friends becomes an enemies and enemies becomes a friends.”

Film ini penulis rekomenadsikan pertama kali karena penggarapan film yang luar biasa. Film yang genre fantasi sangat cocok sekali direkomendaikan bagi teman-teman yang sedang menulis novel. Cerita yang disusun dengan tidak biasa akan membuat kita terkagum-kagum. Mulai dari latar tempat, plot, dan penggambaran karakter yang apik.

Film ini menceritakan tentang asal-usul Peterpan yang sudah sangat sukses dengan film sebelum. Petualangan bagaimana ia menemukan jati diri bersama dengan Kapten Hook. Seperti yang kita ketahui, bahwa Kapten Hook akan menjadi musuh Peterpan pada film yang sebelumnya. Tapi, di dalam film ini, Peterpan akan bekerja sama dengan kompak bersama dengan Hook.

3.      Narnia
Narnia

Bisa dibilang ini merupakan film favorit saya sendiri. Sangat direkomendasikan sekali bagi teman-teman yang menjalani kesendirian di dalam hidup. Terasa mengena di hati dengan berbagai luapan cerita yang memunculkan imajinasi. Apa kalian semua tahu bagaimana rasanya memiliki negeri yang membuat kita bisa hidup seperti yang kita inginkan? Maka cobalah nonton film ini.

Fil ini sudah dibuat dalam 3 fil. Yang pertama Narnia 1: The Lion, The Wicth, and The Warrdrobe; Narnia 2: Prince Caspian; dan Narnia 3: The Voyage of Dawn Treader.

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang 4 orang adik-kakak yang tidak terlalu mengalami keberhasilan di dunia manusia. Suatu hari di panggil di sebuah dunia yang disebut Narnia untuk menjadi raja dan ratu.

Oh, ya. Penulis juga merekomendasikan sountrack film ini untuk didengarkan. Tentu saja irama lagu yang menyejukkan dan liriknya yang bermakna dalam sangat enak untuk didengarkan. Lagunya yaitu Regina Spektor-The Call (Soundtrack Narnia 2) dan Carrie Underwood-There A Place For Us (Sountrack Narnia 3).

4.      Ayat-Ayat Cinta
Ayat-Ayat Cinta

Barangkali ini merupakan film Indonesia terbaik yang pernah penulis tonton. Sebuah cerita yang disampaikan dengan sangat halus tetapi sangat mengena di hati. Deretan peristiwa yang tersusun dengan sangat, sangat, sangat apik membuat kita akan terkagum-kagum. Penggambaran watak yang sangat tidak mainstream membuat film tidak membosankan.

Menceritakan tentang kehidupan seorang pria yang selalu berada di kehidupan agama islam yang membuat ia nyaman dan bahagia. Hingga semua kemujuran selalu menghampirinya dan banyak digilai oleh para wanita. Sampai pada akhirnya ia menemukan sang pujaan hati. Bahkan dalam kehidupan pascapernikahannya masih ada sedikit rintangan yang mendera.

5.      Lucy
Lucy

Sebuah film dengan judul yang sangat sederhana. Pertama penulis mengira “Lucy” merupakan sebuah film romantis dengan seorang tokoh yang bernama Lucy. Tapi saya salah. Sebuah film yang bergenre Sains Fiction ini memiliki cerita yang luar bisa. Layaknya film hollywood yang lainnya, film ini digarap dengan sangat bagus sekali. Yang membuatnya luar biasa adalah ide cerita dan bagaimana cerita ini disampaikan.

Bercerita tentang seorang gadis yang bisa menggunakan otaknya hingga 100%. Tentu kemampuan ini akan dimulai dari yang terbawah sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Gadis itu bisa mencapai kamampuan maksimal otaknya karena ada sebuah narkoba yang ditanamkan di dalam tubuhnya. Karena sebuah kecelakan yang membuat narkoba itu pecah dan bereaksi dengan tubuhnya. Film ini sangat saya rekomendasikan sekali bagi yang sukan sains fiction.

6.      Assalamualaikum Beijing
Assalamualaikum Beijing

Hampir semua film yang diadaptasi dari novel Asma Nadia selalu menuai kesuksesan dan pujian. Salah satunya adalah film Assalamualaikum Beijing ini. Jika kalian kira film ini memiliki cerita yang mainstream. Saya akan jawab iya. Tetapi bagaimana cerita itu disajikan dengan bumbu yang tidak biasa dan menjadikannya istimewa, itulah kekuatan Asma Nadia dalam menulis novel. Apalagi cerota novel itu disajikan dalam bentuk film yang memiliki latar tempat tembok Cina, akan membuat film ini lebih istimewa.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis penulis yang pergi ke Cina untuk membuat berita tentang tembok Cina. Disana ia bertemu dengan seorang pria Cina dan membuat mereka saling jatuh cita. Tapi, karena sang gadis mendadak menderira penyakit yang mengharuskannya segera pulang ke Indonesia. Tetapi, sang pria langsung menyusul sang gadis ke Indonesia dan mengalami hal tak terduga.

7.      A Little Thing Called Love
A Little Thing Called Love

Ini merupakan film Thailand pertama yang membuat penulis langsung jatuh hati dengan film-film Thailand lainnya. Film Thailand yang menyediakan budaya-budaya yang berbeda dengan Indonesia, membuat film ini asyik untuk di tonton. Sebuah cerita film yang begitu halus dan mengalir seperti air. Tidak terlalu banyak konflik yang membuat kita selalu tegang. Ketenangan di dalam film ini akan membuat kita akan senyum-senyam sendiri.

Menceritakan seorang gadis yang mencoba untuk merubah dirinya untuk membuatnya pantas bersanding dengan seorang kakak kelas yang banyak digilai oleh para gadis. Perjuangan itu terasa sia-sia saat sang kakak kelas sudah memiliki kekasih saat kelulusan. Disaat terakhir, dimana hati terasa hati dapat disatukan, sebuah kejadian tak terduga menghampiri sang gadis.

8.      Descendent of The Sun
Descendent of The Sun

Kepopuleran drama korea ini sudah tidak diragukan lagi. Para penggemar drama korea sudah pasti mengetahuinya. Awalnya penulis Cuma iseng-iseng untuk menonton drama korea ini. Karena saking terkenal dan populernya membuat rasa ingin tahu saya meningkat. Barangkali belum terlalu banyak drama korea yang saya tonton, jadi belum terlalu bisa membuat perbandingan dengan drama-drama korea lainnya. Tetapi, drama ini kualitas yang setara dengan kepopulerannya. Cerita yang disajikan untuk menguras emosi para penikmatnya, tetapu tidak berlebihan. Kehalusan penyajian dan latar-latar yang memunculkan imajinasi, sangat cocok bagi para penulis yang membuat cerita Romance. Ditambah para pemerannya yang cantik-cantik. Ehhmmm..

Bercerita dengan kehidupan percintaan yang harus dijalani oleh seorang tentara dan seorang dokter. Bagaimana mereka harus menjalankan pengabdiaannya dalam profesi dangan menyeimbangkan kehidupan pribadinya.

Dengan jalan cerita yang beralur maju, tidak terlalu banyak memunculkan konfilk berlebihan. Ceritanya terkesan santai dan tidak biasa. Yang penting luar biasa.

9.      Pendekar Tongkat Emas
Pendekar Tongkat Emas

Film ini merupakan film kolosal yang menceritakan tentang dunia persilatan di nusantara. Film ini di buat oleh Mira Lesamana dan tentu saja memiliki kualitas yang sangat bagus sekali. Adegan-adegan pertarungan yang terlihat sudah sangat bagus ditambah dengan para pemerannya yang berakting dengan sangat bagus sekali. Sebuah saja Reza Rahadian dan sederet artis papan atas lainnya. Yang sangat istimew adalah latar tempat di dalam film ini sangat menonjolkan keindahan alam Indonesia.

Menceritakan sebuah perguruan silat yang mengalami kekacauan akibat perebutan sebuah tongkat. Pemilik tongkat emas itu berhak memerintah perguruan itu dan memiliki jurus yang sangat kuat. Pertarungan dalam memperutkan tongkat ini, membuat pemberontakan dari beberapa murid.

10.  Paper Town
Paper Town

Sebenarny, penulis bingung dalam menggambarkan keunikan film ini. Saya sarankan untuk menonton film ini dalam suasana tenang. Karena penggambaran film yang sangat halus sekali, membuat kita harus fokus dalam mengikuti setiap emosinya. Cerita yang terkesan datar dan unik, akan membuat kita akan berpikir dua kali dalam menontonya. Yang penting, fil ini sangat tenang dan damai sehingga membuat perasaan kita bercampur aduk pastinya.

Menceritakan perjalan seorang pria alam mengejar gadis pujaannya yang bersembunyi di sebuah tempat tersembunyi. Tempat itu tidak terdeteksi di peta sehinggan disebuh “Kota Kertas.”

11.  How to Train Your Dragon
How to Train Your Dragon

Film animasi buatan hollywood hampir semuanya memiliki kualitas yang sangat bagus. Salah satunya adalah How to Train Your Dragon. Sepanjang menonton film kalian akan disuguhkan dengan lucuan khas ala hollywood yang akan membuat kita tertawa tertahankan, senyum senyam, dan berapi-api.

Bercerita tentang suku viking yang selalu diganggu oleh sekumpulan naga. Sampai pada suatu ketika seorang anak berteman dengan seekor naga. Persahabatan itu mengantarkan suku viking pada sebuah rahasia besar dibalik kemunculan naga-naga tersebut.

Demikian 11 Rekomendasi Film untuk Memunculkan Inspirasi dalam Menulis versi Dunia Sastraku. Rekomendasi tersebut bersifat subjektif dan tergantung selera dari penikmatnya. Berharap ada komentar dan rekomendasi lainnya dari para pembaca.

Terima kasih.
Sumber : http://www.postinganmusa.com/2015/06/cara-membuat-tombol-share-keren-di-blog.html#ixzz420Z3yCcA

0 comments:

Post a Comment

Entri Populer

Blackjack widgets