-->

Bukan siapa-siapa - SALSABILLA SAFIRA - Lomba Menulis Cerpen

Bukan siapa-siapa
SALSABILLA SAFIRA


          Dari judul diatas sudah kelihatan biasa banget ya kan? Mungkin sudah ada yang bakal ngeskip nih cerita lalu berpaling ke cerita lain. Yang buat juga orang biasa heheheh. Panggil aja wasabi nama pena ijo-ijo imut gimana gitu^^. Kali ini gue bakal mengangkat cerita dari pengalaman sendiri, yang pastinya gue bukan public figure ataupun para motivator hebat yang sampai dibikinin buku biografinya. Cuman suka menulis kalau lagi mood aja.. iseng-iseng dan amatir serta narsis gila sampe bikin cerita dari pengalaman sendiri supaya menang buat lomba cerpen (ini beneran ey) *abaikan*.
            Apa yang kalian pikirkan tentang masa depan? Jujur gue paling anti kalau udah ditanya tentang masa depan. Dan tiba-tiba jadi baper sendiri, bukannya gue kaga nyiapin buat masa depan gue yah... nooo.... dari kecil cita-cita pertama pingin jadi dokter.  “Kenapa kok mau jadi dokter wasabi?” Yah pada waktu itu gue polosnya menjawab “iya pingin nolongin orang cakit~” agak gimana gitu sih pas gua nulis ini wkwkwkw. Tapi beneran itu tujuan pertama gue di masa depan kelak, terus keinginan gua jadi dokter lenyap seketika pas udah berada di pertengahan sekolah dasar. Gua jatuh cinta sama buku, tepatnya sih buku komik. Sejak saat itu tumpukan kertas berserakan sudah mulai menuh-menuhin kamar, setiap hari gue menggambar mempertajam skill gambar dan mengejar tujuan selanjutnya yaitu jadi komikus!.
            Pulang sore habis dari sekolah mandi, makan, dan masuk kamar ngambil peralatan lalu mulai menggambar. Aktivitas itu gue lakukan setiap hari mengabaikan pr,ada ulangan besok yah bodo amat tetep gambar di kamar, sampai selalu dapat kelas low (semacam kelas paling bawah pas kelas 6 SD) gegara nilai test gue selalu rendah. Sampai mama ambil tindakan, oh ya sebelum itu orang tua gue disiplin banget dan keras.  Mama udah mulai ngomel-ngomel beliau juga gak segan-segan buat sobekin kertas gambar saat itu, belum lagi pertengakaran orang tua yang selalu aja muncul. Dan ada satu  perkataan yang ga pernah bisa gue lupain .. “gambar-gambar aja terus ga pernah belajar mau jadi apa kamu?!”   semangat 45 gue jadi luntur dan sekarang sampai beranjak remaja pun udah gue telen idup-idup cita-cita gue jadi komikus..
            Setelah Mama gue udah ambil tindakan tegas, semua aktivitas gue sudah diatur. Pihak sekolah setuju gue di kasih tambahan waktu belajar sabtu minggu di rumah salah satu guru, perasaan gue waktu itu kaya mimpi buruk berkepanjangan. Sifat gue lama-kelamaan jadi makin berubah. Jadi lebih pendiem, mulai nakal, sampai wakil kepala sekolah ikut turun tangan ngatasin anak kaya gue. Pas gue pikir-pikir lagi kenapa gue bisa jadi lebih kacau waktu tahu dapat perhatian khusus atau tambahan dari pihak sekolah, ternyata gue cuman pingin dapat perhatian dari Mama gue sendiri. Dan ajaibnya gue baru sadar pas nulis kalimat ini.. hahahahaha.
           
            Sampai satu waktu gue ngelakuin sesuatu yang bikin Guru dan Mama gue kecewa, karena gue ga percaya diri dan masih belum bisa nerima kenyataan bahwa yang dapat bimbingan itu anak ga mampu.  Melakukan kecurangan pas tryout mendekati UNAS... tepatnya tryout matematika, pas nilai udah keluar guru gue seneng banget, dan bangga. Guru gue udah seneng banget raut wajahnya dan kaya bangganya minta ampun. Tapi ada perasaan bersalah saat lihat wajah bahagia guru gue sendiri. Detik itu gue mulai nangis pelan-pelan guru gue kaget terus tanya “lah kok nangis” gue ternyata bener-bener gabisa bahagiain  orang lain. “maaf bu saya nyontek”

            Ternyata reaksi guru gue sendiri ga terduga, “Kamu udah baik wasabi, sudah mau jujur. Tetapi lain kali kalau kamu mau mencapai sesuatu harus dengan jalan kejujuran” setelah denger itu gue mulai nangis sekencang-kencangnya,  mulai saat itu gue udah ga berani untuk berbohong.  Karena kejadian itu gue Sudah mulai belajar sungguh-sungguh di sekolah,rumah, sampai di bimbingan di rumah guru. Terlebih lagi  gue menunggu momen pas untuk bener-bener luapian emosi yang udah lama terpendam, gue masih anak dengan muka straight face dan ga peduli lingkungan. Selalu takut gagal akan pencapaian yang kita tidak tahu apa hasilnya.

            Pas pengumuman kelulusan serta pengumuman nilai unas di wisuda rasanya jantung mau copot, sampai penampilan wisuda paduan suara aja gue masih deg-degan... terus pas dibagiin nilainya gue gabisa bergerak sama sekali, yah saat itu gue melotot sama nilai unas gue. Walaupun nilai matematika gue masih kurang yaitu 7 entah kenapa rasanya kaget aja,  lulus dengan hasil kerja keras gue selama ini nikmat banget weh. Lalu biasalah yah kalau wisuda pasti ada rasa haru dan salam-salaman sama guru,ortu, dan teman-teman. Guru-guru gue selama nyalamin pada nangis, gue saat itu masih sedikit terharu tetapi semua berubah pas gue berhenti di depan guru yang udah bimbing gue memperjuangkan supaya bisa lulus unas dengan jujur. Guru gue tambah nangis pas lihatin gue dan berucap “Selamat nak kamu bisa lulus dengan usahamu” tiba-tiba udah dipeluk aja.
Pas lainnya udah pada nangis... nah pas gue dipeluk itu gue mulai ngerasa semua emosi gue keluarrrr semuaaaaa... wajah gue dipegang dan dielus. Pandangan yang gue lihat itu bener-bener wajah bangga guru gue. Yah.. gue ikutan nangis juga, setelah salam-salaman mama ngelihatin “lah mata si kakak bengkak, habis nangis yah kak?” ampun emak gue malu setengah mati. Tapi gapapa nangis itu kan wajar apalagi saat kita bisa berbagi kebahagiaan sama orang yang kita kasihi *asik*.

            Yah itulah kisah gue, sampai sekarang kalau gue ngerasa menyerah pasti inget masa lalu saat perjuangan untuk lulus UNAS. Nah problem sekarang gue masih bingung untuk masa depan, tetapi gue udah mutusin buat berusaha yang terbaik dan ngikutin kondisi sekarang serta kurangin ngeluh. Kata orang-orang sih “mengalir aja kaya air” *asik* hahahahah yah tapi jangan ngalir terus kaya air, nanti lu kesasar beda aliran jadinya lu numplek sama saluran air yang tercemar. Janganlah yah guys, kalau lu bingung sama masa depan inget aja lah  orang tua dirumah yang pingin cepet-cepet lihat kamu sukses. Gue yakin pasti ada berbagai problem yang sama kaya gue, tuh kedengeran anak-anak yang udah pada stress sama masa depan mereka. Yuk kita berjuang bersama! SEMANGAT!!.
0 Comments for "Bukan siapa-siapa - SALSABILLA SAFIRA - Lomba Menulis Cerpen"

Back To Top