-->

Miss Remel - Anisa Siti Maryam - Lomba Menulis Cerpen

Miss Remel
Anisa Siti Maryam

#Taurus
Lebih baik hari ini kamu di rumah aja deh. Kayaknya bakal ada sesuatu yang buruk kalo kamu keluyuran di luar rumah.
‘Ah gue mesti bersemedi nih di rumah. Ga akan kuliah deh gue.’
Kirana. Mahasiswi tingkat dua itu selalu melakukan kegiatan rutin di pagi hari dengan membaca ramalan. Apapun yang dilakukannya pasti merunut pada kata-kata dari info ramalan yang terdapat di aplikasi chat, LINE. Seperti pagi ini, dia sudah memutuskan untuk tidak berangkat kuliah setelah membaca ramalan zodiaknya.
“Heh, Na, mana lo? gercep ke kampus tugas kelompok ada di lo.” isi pesan line dari Mella.
“Gue gak ngampus hari ini Mell, ambil aja sini kerumah tugas kelompoknya. Sorry gue gak bisa keluar. Menurut ramalan zodiak hari ini, gue bakalan sial kalo keluar rumah.” Balas Kirana.
“Sumpah ya ini 2016 dan lo masih stay percaya ramal-remel kek gitu? Gue ga peduli pokoknya lu mesti ke kampus bawa tugas kelompok sekarang. Kalo kaga, gue embat si Sakti!”
Dengan pasrah, Kirana akhirnya berangkat kuliah dengan menggunakan pakaian dan make up seadanya, Kirana menyusuri jalanan kampus dengan malas. Toh memang niatnya hanya memberikan tugas kelompok pada teman-temannya lalu setelah itu dia pulang tanpa mengikuti satu mata kuliah pun hari ini.
“Ah lu dateng juga. Tugas kita aman guys.” Teriak Mella ketika melihat Kirana datang.
“Gue kira lu ga bakal dateng Na, udah ga percaya remel lagi sekarang?” goda Lusi.
“Gue dateng ke kampus cuma mau ngasih tugas kelompok doang. Hati gue masih ga tenang kalo ga di rumah. Kalo gue kenapa kenapa juga kan kalian yang bakal sedih.” balas Kirana.
“Duh keselek gue denger ucapan terakhir lu. Eh eh Na, itu si Sakti. Arah jam dua cuy!”
Dari arah pintu masuk kopma Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, terlihat Sakti dan Bagus memasuki kopma sambil melihat ke seluruh penjuru kopma seperti mencari seseorang. Ketika Sakti berhasil menemukan Kirana, dia langsung menghampirinya.
“Na, aku butuh bantuan kamu nih. Kamu lagi sibuk ga?” tanya Sakti.
“Gak kok aku lagi free. Butuh bantuan apa, Sak?”
“Kita ngomongin di luar aja yuk!” ajak Sakti yang langsung di balas anggukan kepala oleh Kirana. Mella, Lusi, dan Sarah langsung saja menggoda Kirana ketika tangan Kirana di genggam Sakti. Namun, baru beberapa langkah Kirana melangkah dari tempatnya, tiba-tiba ia terjatuh dan menubruk Sakti hingga Sakti terjatuh mengenai tumpahan saus di meja kopma. Sontak saja seisi kopma memperhatikan mereka.
“Sakti lu gapapa?” tanya Bagus yang datang sambil membawa jus jambu di tangannya.
“Sakti kamu gak kenapa-kenapa kan? Maaf aku gak sengaja nginjek tali sepatu tadi. Ya ampun kemeja kamu jadi kotor banget. Sini aku bantu bersihin sak.” Ujar Kirana sambil mencoba membersihkan saus yang ada di kemeja Sakti.
“Udah ,Na, gausah di bersihin.”, Balas Sakti sambil berusaha menghentikan Kirana yang membersihkan kemejanya, “Yaudah ngobrolinnya nanti aja ya di line. Sekarang aku pergi dulu.”
Sehabis Sakti dan Bagus pergi, Sarah membawa Kirana yang mematung di tempatnya untuk duduk kembali di bangku mereka. Terlihat muka Kirana yang masih shock dan tampak akan menangis dilihat dari genangan air mata di pelupuk matanya.
“Udah, Na, nih minum dulu aja. Jangan shock gitu napa? Kan ga sengaja juga. Lagian Saktinya juga gak marah kok.” Ucap Mella mencoba menghibur Kirana.
 “Gue bilang kan kalo hari ini gue bakal kena sial. See? Lo semua liat kan?” tanya Kirana.
“Yaelah, Na, itu sih kebetulan doang. Lagian lu kalo pake sepatu tuh yang bener. Taliin dulu baru jalan.” Balas mella dengan malas melihat kelakuan temannya yang mudah percaya pada ramalan. Namun, tampaknya ucapan Mella sama sekali tidak di dengar oleh Kirana. Kirana lantas pergi meninggalkan kopma.
“Na, jangan lupa tali sepatu!” teriak Sarah ketika Kirana mulai menjauh dari kopma.
*****
#Taurus
Hari yang cerah girls! Cocok banget loh buat kita ngutarain perasaan kita ke doi. Apalagi kalo tadi pagi si doi udah nanya kabar kamu. Wah kode banget nih,  jangan lewatkan hari ini girls. Kesempatan gak datang dua kali. Gak ada salahnya kok cewek mulai duluan. Fighting!
‘Mampus tadi sakti juga nanya kabar gue, apa sekarang waktu yang tepat?’
Hari ini jadwal kuliah Kirana tidak terlalu padat. Hanya dua mata kuliah dengan bobot dua sks. Namun pagi ini, Kirana sudah berada di kampus. Dia tampak mondar-mandir di depan sebuah bangunan Fakulltas Teknik Mesin. Setelah berhasil menemukan orang yang di cari, Kirana langsung menghampirinya.
“Pagi Sakti.” sapa Kirana begitu berhadapan dengan Sakti.
“Pagi, Na, eh ada apa kamu pagi-pagi udah di depan fakultas aku? Nyari siapa?”
“Eh.. eng.. aku nyari kamu kok, Sak.” balas Kirana dengan canggung.
“Nyari aku? Bukannya bantuan yang aku minta udah beres ya?”
“Eh bukan itu. Em.. jam 4 sore nanti bisa gak kamu ke taman kampus? Aku mau ngasih tahu kamu sesuatu.”
“Oh boleh sih. Siap cantik tunggu jam 4 ya.”, balas Sakti sambil memegang bahu Kirana, “Kalo gitu aku masuk kelas dulu ya, Na. See you”
Setelah bertemu Sakti, Kirana pun segera menghubungi teman-temannya dan meminta semuanya berkumpul di taman kampus. “Lo gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba mau nyatain cinta? Dih.” tanya Mella.
“Ya biarin aja. Menurut ramalan yang gue baca, hari ini adalah waktu yang tepat.”
“Serah dah apa kata miss remel.” Balas mella sambil membantu menghias taman kampus dengan pernak-pernik, “Geli gue ini printilan warna mermud ga cocok kali buat sakti. Lo ngide banget sih bikin acara tahu bulat gini.”
“Lu komen mulu dah mell. Apaan lagi acara tahu bulat?”
“Acara lo dadakan kek jajanan tahu bulat. Awas aja kalo ntar jadian ga ngasih pajak.”
****
Degup jantung Kirana mulai tak karuan. Dilihatnya jam yang ada di tangannya terus menerus. 16.05 gapapa ngaret dikit, batin Kirana. Dari tempatnya berdiri, Kirana dapat melihat Sakti dan beberapa temannya menuju ke arah taman kampus, lebih tepatnya ke arah dia berdiri sekarang.
“Apaan ini, Na? Kok banyak hiasan gini sih?” tanya Sakti sambil terus mendekat ke arah Kirana sedangkan teman-temannya menunggu di belakang.
“Emm.. taman ini sengaja aku hias buat kamu,” ucap Kirana sambil menunduk tanpa berani menatap Sakti yang berada di depannya, “Aku ingin bikin kamu terkesan. Soalnya aku mau ngungkapin sesuatu ke kamu.”
“Mau ngungkapin apa? Ngomong aja sambil nunduk gitu.” Balas Sakti.
“Aku suka kamu sak. Udah lama aku suka sama kamu. Aku pingin kita lebih dari temen. Kita juga udah lama deket dan aku rasa sekarang waktu yang tepat.” Ungkap Kirana dengan mantap.
Setelah pengakuan Kirana, terdapat keheningan beberapa detik hingga terdengar kekehan dari Sakti. “Waktu yang tepat? Itu menurut ramalan yang suka lo baca?”
“Eh, Sak kenapa kamu...”
“Denger baik-baik ya Kirana Citra Lestari, sorry gue deket sama lo cuma settingan sesuai dengan ramalan yang lo baca dan gue berperan seperti yang lo harapkan dari ramalan itu. Gue diminta beberapa orang buat menyadarkan lo. Udah lama gue nunggu moment ini, biar lo sadar, Na. Lo gak boleh percaya hal kayak gitu 100%, lo masih punya tuhan yang harusnya lo percayai bukannya mendahului takdir tuhan dengan percaya ramalan.”
“Brengsek lo, Sak.” maki Kirana sambil menangis di hadapan Sakti.
“Ya terserah lo habis ini mau benci sama gue. Yang jelas tugas gue hanya menyadarkan lo dari kesesatan lo selama ini. Gue harap waktu yang gue udah korbankan buat lo bisa ngerubah lo kedepannya. Lo gadis pinter Kirana! Anak sains ga mungkin otaknya sedangkal itu kan? Gue percaya habis ini lo bisa berubah jauh lebih baik , Miss Remel. Ah gue minta ini terakhir kalinya gue dan orang lain manggil lu dengan sebutan Miss Remel.” Ucap Sakti sambil mendekat ke arah Kirana yang menangis dan langsung memeluknya.
“Inget na, lo Kirana Citra Lestari. Bukan Miss Remel.” Bisik Sakti sambil mengacak rambut rambut Kirana, lalu pergi bersama teman temannya dan meninggalkan Kirana seorang diri.
****
Dua tahun berlalu sejak acara tahu bulat di taman kampus, kini Kirana berdiri di tempat yang sama dengan Sakti sambil membawa dua gelas minuman. Tidak banyak hal yang berubah dari taman ini, mungkin yang berbeda hanya tidak adanya hiasan mermud menggantung di sekitar pohon seperti kejadian dua tahun lalu.
“Gak kerasa ya, Sak, udah dua tahun semenjak acara tahu bulat gue buat lo di tempat ini. Hahaha.” Ucap Kirana sambil tertawa.
“Hmm. Dan gue seneng selama dua tahun ini lo berusaha jadi lebih baik, Na.” , ucap Sakti sambil meletakkan kopi ke bangku di sampingnya, “Dan liat sekarang, yang wisuda malah lu duluan. Lu lulus ga pake ramalan kan? Haha”
“Kaga lah gue lulus pake kerja keras gue sendiri dengan bantuan do’a malam gue tau. Lu sih keseringan ngeband jadi lupa bikin skripsi. Orang udah lulus lu masih bertelor aja di ini kampus.”
“Hahaha. Eh by the way, tadi nama lo pas di panggil maju ga salah kan?” tanya Sakti.
“Salah? Ya kaga lah.”
“Yah. Padahal seru kali ya tadi kalo lo dipanggil Miss Remel, mahasiswi jurusan matematika dengan ipk 3,67. Ahahahha.” Balas Sakti sambil mengambil ancang-ancang untuk kabur.
“Dih ya lo, Sak, sini lo jangan kabur woy”

Ya, dulu gue emang miss remel dan gue tidak menyesali hal itu. Tapi sekarang gue bisa melihat dunia dengan mendongakkan kepala dan berkata bahwa gue bukan lagi Miss Remel, gue adalah seorang Kirana Citra Lestari. – Kirana (2016)
0 Comments for "Miss Remel - Anisa Siti Maryam - Lomba Menulis Cerpen"

Back To Top