-->

KEPERGIAN RINDU - FITRIA KANZA - Lomba Menulis Cerpen

KEPERGIAN RINDU
FITRIA KANZA

Seketika  awan  yang  putih  cerah  itu  berubah  menjadi  abu  abu,  dan  warna  abu  abu  itu  perlahan  barubah  menjadi  warna  hitam  yang  gelap.  Dan  saat  yang  bersamaan,  burung  yang  sedang  memperhatikan  dunia  pun  ikut  menghilang  dari  pandanganku.  Hanya  ada  suasana  yang  mengerikan  yang  pernah  aku  lihat  di  depanku  sekarang.  Semuanya  berubah  begitu  saja.  Tak  tau  dari  mana  asalnya.  Disaat  kebahagiaan  datang  mendekatiku,  dan  disaat  itu  juga  aku  merasakan  kebahagiaan  itu  perlahan  beranjak  pergi  jauh  dariku.  “Icaaaaaa……
Bruuuuuk  ..tiba  tiba  aku  merasakan  badanku  terhempas,  kepalaku  pusing,  mataku  sembab.  What  happen  with  me?
“Ica,  bangun,  udah  jam 7,  kamu  gak  ke  kampus?”  Kata  Rindu  seraya  membuka  pintu kamarku.
“ Iya.  Gue  udah  bangun  kok,  lagian  hari  ini  gue  masuk  jam  8  kok.”  Kataku  cuek.  Dengan cara  begitu  aja,  Rindu  langsung  pergi  dari  kamarku.
“ Mulai  deh,  sepertinya  hari  ini  gue  bakalan  perang  hati  lagi  sama  dia.  Gue  bosen  kek  gini  terus”  Kataku  dalam  hati.
Rindu  yang  ku  kenal  dulu  sangat berbeda dengan yang sekarang. Rindu yang sekarang bukanlah sahabat yang humoris dan selalu  hangat  dengan  suasana.  Dia  bukan  lagi  orang  yang  selalu  berada  disampingku  dan  selalu  mendengar  cerita  sedihku.  Dia  bukan  hanya  sekedar  sahabat  bagiku.  Tapi  sekarang  dia  hanya  teman  biasa  bagiku.  Aku  tau  sejak  kapan  dia  mulai berubah.  Aku  tau  sejak  saat  itu  dia  tak  punya  waktu  lagi  untuk  mendengarkan  curhatanku.
“ Ca,  ntar  siang  lo  pergi  sendiri  aja  ya,  gue  udah  ada  janji  ni  sama..
“Cowok  lo,  ya  udah.  Hati  hati,”  Kataku  memotong  pembicaraan  Rindu.
“ Bukan  Ca,  gue  udah  janji  sama  Ipit  kalo  siang  ini  gue  mau  pergi  kampus  bareng  dia. Gak  apa  apa  kan?”  Kata  Rindu.
it’s  ok.”  Jawabku  singkat.
Seketika  itu  juga  dia  langsung  pergi.  Aku  gak  pernah  mengerti  dengan  sikapnya  sekarang. Mengapa  dia  berubah  drastis  padaku.  Dia  gak  pernah  mengerti  apa  yang  aku  alami  selama  ini.  Dia  gak  pernah  tau  apa  yang  terjadi  padaku  sebenarnya.  Dia  hanya  memikirkan  dirinya  sendiri. Dia  gak  pernah  merasakan  apa  yang  di  alami  sahabatnya.
 “Aduh  Ca,  kok  lo  baru  pulang  sih.  Gue  dari  tadi  nungguin  loe  pulang.  Gue  takut  dirumah sendiri.  Bosen  juga.  Ahhhh ..lo  ngapain  aja  sih  dikampus?”  Tanya  Rindu  dengan  cerewetnya  ketika  aku  baru  pulang  ngampus.
“ Kenapa  sih,  jangan  jangan  loe  kangen  sama  gue  ya..”  Jawabku  berusaha  memperbaiki suasana.  Rindu  hanya  tersenyum.  Seakan  dia  hanya  meng-iyakan  kata  kataku.
“ Rindu,  Gue  mau  curhat,” Kataku
Oke.. ntar  siap  itu  gue  yang  mau  curhat  sama  lo,  sebenarnya  gue  udah  lama  mau  curhat.  Tapi,  ya  mau  gimana  lagi.  Loe  udah  jarang  punya  waktu  senggang  buat  dengerin  curhat gue.”  Kata  Rindu  manja.
“Jadi  gini,  sebenarnya…..
“ Tunggu  bentar,  hp  gue  bunyi,  ntar  ya,  cowok  gue..”  Kata  Rindu.  Aku  hanya  mengangguk dan  menunggunya  selesai  berbicara.
“ Ca,  Andi  ngajakin  gue  kencan  malam  ini..”  Kata  Rindu.
Oke.. tapi  kan  gue  tadi  mau..
“Aduhh.. gue  pake  baju  apa  ya,  bingung  nih.  Lo  bantuin  gue  cariin  baju  ya..” Minta  nya mulai  panik.  Karena  dia  selalu  ingin  tampil  oke  dan  menarik  di  depan  pacarnya.
“ Baju  lo  cantik  semua  kok  Rindu,  lagian  baju  nya  pas  semua  sama  lo.  Percaya  deh  sama  gue,”  Kataku.  Yap.  Malam  ini  aku  bakalan  tinggal  sendiri  lagi  di  rumah.
“ Ica,  gue  pergi  bentar  ya?”  gak  lama  kok,  ok,”  Ujar  Rindu.
Oke,  bentar ya,  jam  9  lo  harus  udah  ada  dirumah.”  Jawabku  singkat.
Oke,”   katanya  sambil  berlalu.  Dengan  cara  dia  ngomong  seperti  itu  aja,  aku  udah  tau  dia  bakalan  gak  menepati  janjinya.
Terkadang  aku  merasa  rindu  dengan  hal  hal  yang  hangat  dulu.  Aku  ingat  dengan  janji  dan  kata  kata  yang  pernah  kami  katakan  waktu  itu.  Bahwa  kami  akan  selalu  ada  ketika  salah  satu  diantara  kami  membutuhkan  bahunya  untuk  bersandar.  Selalu  ada  tangan  yang  akan  selalu merangkul  ketika   membutuhkannya.  Selalu  ada  jari  yang  akan  selalu  mengusap  disaat  airmata  mengalir.  Selalu  ada  senyum  dan  tawa  untuk  menghiasi  hari  hari  kami.
Seketika  airmataku  kembali  mengalir  dipipiku.  Mengapa  perasaanku  tidak  mampu  untuk melawan  semua  ini.  Aku  merasa  airmata  ini  hanya  terbuang  sia  sia.  Untuk  apa  kita  mengeluarkan  airmata  untuk  seseorang  yang  sudah  gak  peduli  lagi  sama  aku.
Untuk  menghilangkan  suntuk  dan  kesedihan  ku,  aku  menulis  apa  yang  sedang  aku  alami sekarang.  Ya  memang,  hobiku  adalah  menulis.  Menulis  apa  aja.  Ku  tumpahkan  semua  masalah  yang  sekarang  ada  di  pikiranku.
“ Ica,  lo  semalam  udah  tidur  ya?  Lambat  banget  buka  pintunya.  Padahal  aku  udah  nunggu lama  benget  lo  diluar,”  Kata  Rindu  pada  pagi  harinya.
“ Iya,  lo  sih,  udah  gue  suruh  pulang  cepat,  jam  11  loe  baru  pulang.  Gue  capek ..  makanya gue  langsung  tidur  aja.”  Jawabku  singkat.
“Maaf  deh  Ca,  gue  janji  gue  bakalan  ingkar  janji  lagi.  Oke?”  Kata  Rindu.
Aku  hanya  mengangguk  pelan.  Antara  percaya  dan  tidak.  Karena  ini  bukan  kali  pertamanya  Rindu  janji  sama  gue.
Setelah  semuanya  terjadi,  Hari  hariku  kembali  seperti  biasanya.  Kembali  sama  sama  peduli.  Kembali  sama  sama  mengerti  satu  sama  lain.
Ternyata  dugaanku  benar.  Ini  bukanlah  hal  yang  terkahir  kalinya.  Dalam  seminggu  hal  yang  sama  akan  selalu  terjadi.  Terkadang  aku  berfikir  aku  bukanlah  wanita  yang  kuat  untuk  menghadapi  masalah  yang  sangat  rumit  seperti  ini.  Aku  bukanlah  wanita  yang  baru  umur  belasan yang  selalu  mendapatkan  masalah  yang  tak  pernah  dialami  oleh  orang  lain.  Aku  bukanlah  wanita  yang  selalu  ingin  mendapatkan  cobaan  yang  kuat.
Terkadang  aku  selalu  berfikir  seperti  apa  yang  selalu  aku  lihat  sendiri.  Sahabat  itu  indah,  sahabat  itu  seperti  cinta,  sahabat  itu  sharing,  sahabat  itu  lebih  indah  dari  segalanya.  Terkadang  aku  berfikir  aku  salah  dalam  menilai  semua  itu.”
 itulah  tulisanku  di  secarik  kertas  putih  saat  ini. “  Aku  tak  tau  harus  berbuat  apalagi,  sejauh  apalagi  kesabaranku  akan  diuji  dengan  keadaan  ini.”  Kataku  dalam  hati.  Tanpa  sadar  airmata  mulai  membasahi  pipiku.
Malam  ini  aku  sendiri.  Hanya  ditemani  derasnya  hujan  dan  airnya  yang  mengalir  deras  di  kaca  jendela  kamarku.  Suasana  malam  ini  sama  dengan  keadaan  hatiku  saat  ini.  Sampai  kapan aku  harus  bertahan  dengan  keadaan  ini.  Seketika  kakiku  ingin  melangkah  merasakan  bagaimana keadaan  di  alam  bebas  pada  saat  malam  yang  penuh  dengan  butiran  air  yang  jatuh  ke  bumi.  Aku  ingin  berjalan  kemana  tujuan  hatiku  saat  ini.  Berjalan  menjauh  dari  segala  masalah  yang  selalu  aku  hadapi.  Menjauh  dari  kehidupan  serba  dramatis  bersamanya.  Aku  ingin  hidup  bebas  dan  selalu  bahagia  sampai  kapanpun.
Ya,  sekarang  aku  merasa  bebas.  Seakan  sekarang  hidupku  jauh  dari  masalah.  Aku  terus  berjalan  dibawah  derasnya  hujan  saat  ini.  Tak  peduli  dengan  dingin  yang  menusuk  tulangku  dan  air  yang  membasahi  tubuhku.  Tiba  tiba  aku  merasa  datang  sebuah  cahaya  terang  dari  arah  depanku.  Cahaya  itu  semakin  dekat  dan  sangat  dekat.  Aku  tidak  bisa  melihat  apa  apa.  Aku  hanya  bisa  mendengar  suara  rem  yang  sangat  kuat  saat  ini.  Dan  setelah  itu  aku  tidak  ingat  apa  apa  lagi.
Bau  obat  obat  pasien  seakan  membangunkanku  dari  tidurku  hari  ini.  Tiba  tiba  aku  merasa  aku  ada  di  surga.  Sebuah  ruangan  yang  putih  dan  tempat  tidur  serta  selimut  yang  bersih  ada  di  dekatku  saat  ini.  Tidak.  Aku  tidak  di  surga.  Ini  adalah  rumah  sakit.  Aku  bisa  merasakan  aroma  obat  obatan  dan  suasana  disini.
 Tiba  tiba  Andi,  pacarnya  Rindu  datang  dan  masuk  menghampiriku.
“ Hai,  apa  kabar?  Udah  siuman  ternyata  kamu,  syukurlah.”  Kata  Andi  mengawali  pembicaraannya.
Aku  hanya  tersenyum  membalas  basa  basinya  pagi  ini.  Kenapa  dia  disini.  Kenapa  Rindu  nggak  datang  sama  dia.
“Ada  apa?”  Tanyaku  tiba  tiba  padanya.
“Ada  apa?  Apa  maksud  kamu?”  Andi  bingung  dengan  pertanyaan  yang  baru  saja  ku  ucapkan  padanya.
“ Sebenarnya  apa  yang  terjadi?  Kenapa  aku  ada  di  sini?  Aku  nggak  sakit  apa  apa.  Dan  sekarang  kamu  disini  jengukin  aku.  Aku  bukan  siapa  siapa  kamu.  Aku  nggak  ada  hubungan  sama  sekali  sama  kamu.  Kamu  itu  hanya  pacarnya  Rindu.  Dan  sekarang  kamu  ada  disini  bahkan  tanpa  ada  Rindu.”  Ujarku.  Andi  hanya  terdiam  menatapku.
“ Ada  banyak  hal  yang  terjadi  dan  kamu  tidak  mengetahuinya.”  Kata  Andi.
“ Apa?  Apa  yang  aku  tidak  tau?  Kejadian  apa  aja  yang  aku  nggak  tau  selama  ini?”  kataku   dengan  nada  tinggi.  Karena  perkatakan  Andi  selalu  saja  membuatku  bingung.
“ Kamu  udah  dua  bulan  terbaring  disini.  Dan  selama  itupun  kamu  nggak  sadarkan diri.  Aku  hari  ini  senang  karena  kamu  udah  siuman,  seakan  kamu  hanya  bangun  dari  tidurmu.”  Kata  Andi.
“ Sebenarnya  apa  yang  terjadi  padaku  sampai  aku  berada  disini  saat  ini  Andi?”  Kataku.
“ Dua  bulan  lalu  kamu  mengalami  kecelakaan  ketika  kamu  lagi  jalan  sendirian  diluar.  Nggak  sengaja  ketika  itu  aku  jumpa  sama  teman  aku  yang  udah  nolongin  kamu  dan  dia  langsung  hubungi  aku  karena  dia  tau  kamu  itu  teman  Rindu.”  Jelas  Andi.
Aku  hanya  bisa  diam  mendengar  penjelasan  Andi  yang  baru  dikatakannya.  Sedikit  aku  ingat  waktu  terakhir  kali  cahaya  itu  datang.  Ternyata  itu  adalah  awal  dari  kejadian  itu  dan  sekarang  aku  berakhir  disini.  Percaya  atau  tidak,  sekarang  aku  sudah  berada  disini.  
“ Selama  aku  terbaring  disini,  kamu  yang  selalu  datang  jengukin  aku?”  Tanyaku  pada  Andi.
“ Iya,  aku.  Kenapa?”  Tanyanya  balik  padaku.
“ Cuma  kamu?  Lalu  kenapa  Rindu  nggak  datang  bareng  kamu?  Bukannya  dia  pacar  kamu  yang  sayang  dan  cinta  banget  sama  kamu?  Kalian  ada  masalah?”  Tanyaku  pada  Andi.
“ Rindu  lagi  nggak  bisa  datang   Ca,  lagi  ada  urusan.  Mungkin  lain  kali  kalo  dia  ada  waktu.”  Jawab  Andi.
Aku  hanya  terdiam  dan  menatap  ruangan  yang  putih  bersih  tak  ada  hiasan  apa  apa.
Tiga  minggu  berturut  turut  Andi  yang  selalu  jengukin  aku  bolak  balik  rumah  sakit.  Tanpa  ditemani  Rindu.  Nggak  mungkin  sampai  sekarang  Rindu  selalu  sibuk  dengan  urusannya.  Aku  berfikir  pasti  ada  sesuatu  diantara  mereka  yang  aku  tidak  ketahui.
“ Andi,  sekarang  lo  harus  ceritakan  semuanya  sama  gue.  Kenapa  sampai  sekarang  Rindu  nggak  datang  jengukin  gue  disini.  Cuma  lo  aja  yang  datang.  Lo  tau  sendiri  kan  gue  nggak  ada  hubungan  apa  apa  sama  sekali.”  Tanyaku  kepada  Andi  ketika  dia  datang  lagi  jengukin  aku.
Andi  hanya  menatap  mataku  dalam  dalam  dan  hanya  terdiam  tanpa  berkata  apa  apa.
“ Mungkin  sekarang  udah  saatnya  lo  tau  semuanya  tentang  Rindu,  gue,  elo,  dan  semua  yang  telah  terjadi  selama  lo  terbaring  disini.”  Seketika  Andi  mengeluarkan  sebuah  diary  kecil  berwarna  pink  dan  memberikannya  padaku.
“ Ini  bukannya  diary  Rindu?  Iya  kan?”  Tanyaku  pada  Andi.  Andi  hanya  mengangguk  pelan.
Kubuka  helai  demi  helai  lembaran  Diary  Rindu.
Ica  itu  sahabatku,  tapi  hubungan  kami  tidak  lagi  sehangat  ketika  awal  kami  bertemu.  Aku  sangat  menyayanginya . Tidak  ada  orang  lain  yang  bisa  mendengarkan  ceritaku  kecuali  Ica.  Hanya  dia  yang  selalu  mengerti  keadaanku.  Tapi  aku  merasa  terkadang  dia  selalu  bertingkah  aneh  dan  tidak  seharusnya  dilakukan  oleh  seorang  sahabat.  Dia  selalu  menghindar  dariku.  Aku  tau  dia  tak  menyukai  Andi  dari  pertama  kali  mereka  aku  pertemukan.  Aku  paham  dan  hargai  itu.  aku  akhiri  hubunganku  dengannya  demi  sahabatku.  Sekarang  aku  benar  benar  sudah  kehilangan  sahabatku.  Mungkin  aku  sudah  terlambat  untuk  melakukannya.  Andi  pergi  dan  sekarang  sahabatku  terbaring  di rumah  sakit.  Setiap  hari  aku  melihatnya  aku  selalu  merasa  Ica  sudah  banyak  menderita  karenaku.  Dia  berkorban  banyak  untukku.  Hanya  dia  yang  bisa  membantuku  saat  aku  sedang  terjatuh.  Aku  tak  pernah  ingin  kehilangannya.
Kubaca  lembaran  berikutnya…
“Ica   harus  kehilangan  matanya  karena  kecelakaan  itu.  aku  tak  ingin  lagi  dia  menderita  di  depanku.  Aku  ingin  dia  bahagia.  Walaupun  tanpaku.  Karena  tanpa  aku  dia  akan  lebih  bahagia.  Aku  akan  berikan  apapun  yang  dia  butuhkan  dariku.”
Tiba  tiba  Andi  memberikan  sebuah  kertas  putih  padaku.  Ketika  aku  baca  ternyata  itu  adalah  surat  dari  dokter  bahwa  dia  ingin  mendonorkan  matanya  untukku.  Seketika  airmataku  langsung  membanjiri  pipiku.  Begitu  besar  pengorbanan  Rindu  untukku.  Aku  lemas  mengetahui  semua  itu.
“ Andi,  sekarang  dimana  Rindu?  Aku  ingin  bertemu  dengannya.”  Kataku  memohon.
“ Rindu  udah  pergi  Ca.”  Jawabnya.
“ Apa  maksudmu?”  Tanyaku  lagi.  Aku  benar  benar  tidak  mengerti  dengan  jawabannya.
“ Sebenarnya  setelah  Rindu  mendonorkan  matanya  untukmu,  dia  sakit  parah.  Seminggu  setelah  itu  dia  meninggal.”  Ujar  Andi  tertunduk  lemas  untuk  meceritakan  hal  yang  sangat  pahit  itu  padaku.
Aku  hanya  bisa  menangis  dan  menyesali  semuanya.  Ternyata  dibalik  semua  itu,  Rindu  sangat  menyayangiku.  Hanya  aku  yang  tak  pernah  mengetahuinya.  Semua  ini  tak  akan  pernah  terjadi  jika  aku  tak  pergi  dari  rumah  ketika  hujan  itu  datang.  Jika  hujan  itu  datang  lagi,  aku  tak  akan  pernah  lagi  pergi  untuk  menghampirinya.  Karena  itulah  kenangan  yang  sudah  sangat  berat  untuk  ku  ingat  lagi.  Sekarang  aku  hanya  bisa  menerima  semua  kenyataan  dan  lebih  berfikir  untuk  kedepannya.

Dan  sekarang  ternyata  awan  hitam  yang  selalu  menghantui  mimpiku  datang  dalam  kenyataan.  Tapi  hujan  tak  akan  pernah  datang  lagi,  karena  awan  yang  cerah  yang  akan  mengalahkannya  dengan  segala  sinar  yang  ia  punya.  Akan  ada  Rindu  Rindu  yang  lebih  baik  lagi  akan  datang  di  kehidupanku  suatu  saat  nanti.  Selamat  jalan  Rinduku. 
0 Comments for "KEPERGIAN RINDU - FITRIA KANZA - Lomba Menulis Cerpen"

Back To Top