-->

KEMBALI HIDUP SETELAH HIDUP - Rindy Afriady - Lomba Menulis Cerpen

KEMBALI HIDUP SETELAH HIDUP
Rindy Afriady

            Hidup ini memang berliku-liku, laksana jalan yang berbelok-belok andai bisa mengendalikan saat mengendarai kendaraan di jalan itu untuk melewatinya maka selamat lah ,namun apabila salah mengendalikan saat mengendarai kendaraan di jalan itu untuk melewatinya maka tergelincirlah . Akan tetapi roda itu selalu berputar dan yang di atas tidak selama nya di atas dan yang di bawah tidak selama  nya di bawah.
            Itu yang lah yang aku alami nama ku dani aku hidup dalam keluarga yang bisa dikatakan memcukupi setelah tamat dari smp aku di rencanakan untuk masuk pesantren akan tetapi tidak jadi dan akhirnya aku bersekolah di madrasah aliyah di dekat daerah ku di sini awal mula aku tergelincir laksan pengendara salah membanting setir tikugan kekiri bantig kanan.
            Waktu itu tahun 2012 awal aku masuk sekolah madrasah aliyah setingkat dengan sekolah menengah atas. ya seperti biasa nya semangat mengebu-gebu saat mendatagi sekolah,hari-hari berlalu , hilang lah perasaan sungkan, hilang lah perasaan malu ,mulai seperti  biasa seperti bukan siswa baru.
            Ku akui memang aku cukup memiliki wajah yang cukup memadai di lokal kudi hitung dalam nominasi sepuluh terganteng sehingga tidak  mustahil banyak wanita yang melirik ku ,aku memang belum pernah merasa dekat dengan  wanita atau yang sekarang akrab di sebut dengan  pacaran.
            Karna memiliki wajah yang cukup memadai sampai lah saat di mana seorang wanita namanya ivi wanita berkacamata memintak nomor handpone ku ,dan saat itu aku sering chat sama dia dan akhirnya kami jadiaan tapi tak lama cuman sekitaran dua bulanan dan kami pun tidak pernah berbuat layak orang dewasa berpacaran hanya lirik-lirik dan senyum jarak jauh.
            Dan setelah putus dari ivi aku memintak nomor seorang wanita yang menurut ku paling cantik lah di lokal ku nama nya jujus dan aku mulai mendekati nya dan chat sama dia, eh… ternyata dia sudah punya pacar dan pacar nya abang kelas dan aku sudah terlambat hingga sampai semester dua aku menjomblo dan sikat cerita pada suatu hari waktu itu aku sudah semester dua dan kami beramai-ramai main di belakang sekolah dan foto-foto, eh.. ternyata kawan-kawan memaksa aku berfoto bergandegan dengan jujus dan akhirnya kami berfoto dan setelah berfoto tadi aku merasa timbul rasa tertarik  kepada jujus dan di foto pun kami terlihat srasi dan akhirmya dua minggu kemudian aku pacaran sama jujus.
            Dan di sinilah aku mulai tergelincir ke lembah hitam bernoda seminggu pacaran aku dan jujus kebelakang sekolah saat jam istirahat berdua. dan aku yang belum pandai apa-apa tiba-tiba bibir ku di cium dan aku merasa terkejut dan aneh dengan sensasi yang tidak pernah aku rasa kan itu, dan tak pernah aku banyang kan akan ku dapat kan dan sampai setiap hari aku dan jujus kebelakang sekolah dan sekali-kali tangan ku juga mulai berani beradegan layak nya orang dewasa padahal waktu itu umur ku baru saja empat belas tahun.
            Cukup lama juga aku berpacaran dengan jujus sekitar lima bulan dan akhirnya aku merasa bosan dan ingin merasa sensasi  dengan wanita lain dan aku putus kan jujus. Dan satu bulan menjelang naik kelas dua aku di rendah kan oleh seorang guru karna penampilan ku yang tidak rapi ,baju sekolah tidak masuk dalam ,kotor,dan aku bikin tato di tangan dari pena .guru itu bilang pada ku mana ada wanita yang mau sama kamu ini penampilan macam gembel.dan satu lokal itu mentertawakan ku dan aku hanya diam saja.
            Dan satu minggu kemudian para dewan guru dan kelas ku itu di gempar kan dengan kabar bahwasan nya anak dari seorang guru yang  tadi bilang tak ada cewek yang mau sama aku karna penampilan ku menjadi pacar ku, dan aku juga tidak tau kalau itu adalah anak guru itu dan ujung-ujung nya belum sempat gapa-gapai aku di pangil ke kantor guru dan aku di hadap kan sama guru yang anak nya aku jadi in pacar dan aku di paksa untuk memutus kan anak nya dengan berlinag air mata aku memutus kan anak nya . anak nya yang aku putus kan tadi hingga bengkak mata nya menagis dan aku juga sampai dua hari hanya memikirkan itu saja.
            Waktu pun berlalu aku pun sekarang sudah duduk di kelas dua di kelas dua ini aku jomblo dan aku punya kebiasaan baru tidak lagi memikirkan wanita dan pada waktu kelas dua ini aku sering keluar rumah dan sering mabuk-mabukan bersama kawan-kawan ku yang tidak sekolah akan tetapi aku tetap rajin ke sekolah dan setiap malam minggu aku main judi untuk mencari uang untuk mabuk-mabuk bersama teman-teman ku.dan itu lah yang aku buat saat aku semester satu kelas dua.
            Dan saat semester dua kelas dua ada cewek naksir aku tapi tidak satu sekolahan dia sekolah lain nama nya usi dan akhirnya aku pacaran sama usi selama tiga bulan karna aku selalu sibuk dengan teman-teman aku untuk mabuk-mabukan aku tidsk terlalu menghiraukan si usi ini hinnga aku juga tidak pernah jalan berdua sama usi ini dan aku tak pernah gapa-gapain sama dia setelah aku putuskan  si usi aku dekat sama kawan nya nama nya eda dan akhirnya aku pacaran sama eda dan usi sama eda pun berkelahi tidak teguran karna aku pacaran sama sahabatnya.
            Dan saat pacaran sama eda ini aku sudah agak jarang-jarang mabuk-mabukan dan aku juga sering jalan berdua ,makan malam sama eda ini dan aku mulai lagi waktu itu pertemuan yang ke tiga aku makan malam sama  eda dan kami melakukan apa yang sering orang dewasa lakuakan saat pacaran ciuman dan pelukan sampai eda mengerang-erang.
            Dan sebelum naik kelas tiga aku punya pacar tiga orang eda,ayu,ila dan sebelum naik kelas tiga aku sudah putus sama eda dan ayu tapi sama ila aku tidak putus , dan saat semester pertama kelas tiga aku juga masih sering mabuk-mabuk kan dan ini lebih mengerikan aku sudah pandai memakai narkoba dan saat kelas tiga ini aku nambah pacar lagi satu anak pak haji nama nya imah dan pada saat itu aku juga sering melakukan adegan –adegan layak nya orang dewasa bersama imah saat keluar makan malam.
            Dan sebelum masuk semester dua kelas 3 aku melakukan hubungan layak nya suami istri dengan ila di rumah nya saat malam itu rumah nya kebetulan tidak ada orang dan aku kerumah nya dan kami melakukan itu sekitar jam satu malam dan aku pulang jam empat subuh.
            Dan saat kelas tiga detik-detik terahir mau kelulusan aku putus kan semua pacar aku dan waktu itu juga aku berhenti mabuk dan memakai narkoba karna merasa mau lulus dan waktu itu aku jatuh cinta dengan wanita berjilbab syar’i nama nya nur dan aku mulai berubah aku rajin belajar agama dan aku sering gomong masaalah agama dan Aku juga rajin solat dan hingga akhir nya sebelum tamat dari sekolah itu aku di bilang orang gila oleh orang-orang di sekolah , siapa percaya orang seperti aku ini yang sudah di kenal oleh teman-teman,guru dan sebagian masyarakat, aku sebagai yang terkuat mabuk,main cewek tiba-tiba rajin solat suatu yang mustahil.
            Dan aku tetap pada perubahan ku tidak marah aku ketika di olok-olok aku hanya diam saja dan pada akhirnya aku tembak si nur berjilbab syar’i tadi untuk jadi pacar aku dan yang sanggat menyedih kan dia tidak menerima ku entah kenapa aku juga tidak tau.
            Dan waktu itu hampir seminggu berdiam diri dan aku selalu menyanyikan lagu dengan lirik  “ada kah ruang di hati mu untuk ku yang mungkin bisa untuk ku singgahi atau sekedar penyejuk di saat ku layu ,ku kan menanti mu hingga  akhir masa”
            Dan waktu itu aku tetap pada pendirian ku untuk berubah agar pantas mendapatkan hati si nur dan akhir nya aku tamat sekolah dan aku tetap seperti hasil perubahan ku tadi rajin solat ,rajin belajar agama dan lain sebagai nya.
            Hingga aku masuk perguruan tinggi di sebuah kota ,perubahan ku tidak bertahan lama dan aku mulai lagi pacaran dan hingga aku lupa solat dan lupa pelajaran agama yang dulu sempat aku pelajari dan pacar aku saat berada satu tahun di kota tempat aku kuliah sudah tiga orang dan aku sering sekali melakukan adegan yang di luar batas pacaran, saat karoke, saat malam minggu dan kalau kosan pacar ku kosong.
            Dan cerita saat di sekolah menegah atas terulang lagi dan hingga tiba saat nya tanggal ( 1 muharam 1438 ) tahun baru islam dan waktu itu tanggal 2 oktober 2016 seperti ada yang mengalir di kepala ku, masuk ke qalbu ku, memaksa ku untuk berpikir.dan aku baru sadar mengapa aku tidak istiqamah dengan perbahan aku waktu aku di bilang orang gila,waktu aku di olok-olok dulu karna perubahan itu bukan karna allah swt tetapi karna manusia maka nya tidak bertahan lama perubahan itu dan kembali lagi dan akhir nya aku memulai lagi kehidupan baru dan aku mengangap aku adalah orang yang baru terlahir di dunia ini dan kali ini aku berubah bukan karna manusia lagi tapi karna allah swt semoga perubahan ini sampai saat ajal ini menjemput .dan aku selalu berdoa kepada allah swt untuk selalu mengisitqomah kan aku di jalan nya.aku juga terlambat mensyukuri semua nikmat yang telah allah swt berikan kepada ku aku kuliah dengan di Kabul kannya doa ku untuk mendapat beasiswa dan itu allah kabulkan dan banyak nikmat allah swt yang lain yang iya berikan dan tak dapat di ungkapkan.
            Aku selalu berdoa kepada allah untuk supaya iya ridho atas apa yang aku usahakan dan iya mengampun kan semua dosa saat awal aku beranjak remaja dan sampai kesadaran ku di berikan.
            Dan aku selalu berharap kepada manusia dan seringkali aku kecewa, akan tetapi aku tidak pernah sekali pun merasa kecewa ketika berharap ( berdo’a ) kepada allah swt.

            Sunggu indah nya hidayah lebih terang dari mentari di saat fajar,tenang nya saat sujud dalam solat lebih tenang dari renugan,dan bahagia nya dekat dengan allah swt lebih dari segudang uang. semoga allah memberikan hidayah bagi pembaca.
0 Comments for "KEMBALI HIDUP SETELAH HIDUP - Rindy Afriady - Lomba Menulis Cerpen"

Back To Top