Wednesday, November 2, 2016 | By: Bagus Yulianto

My Experience In Organitation of Paskibra - Han Oktariansyah - Lomba Menulis Cerpen

My Experience In Organitation of Paskibra
Han Oktariansyah


K
enalkan nama aku Han, kisah ini berawal waktu aku duduk dibangku SMA, waktu itu aku baru masuk SMA, karena siswa baru aku bersama teman – teman barupun mengikuti MOS yang berlangsung di SMA tersebut. Pada saat itu banyak diperkenalkannya berbagai macam Ekstrakulikuler, saya awalnya tidak mau ikut satupun dan fokus untuk belajar aja, akan tetapi setelah selesai kegiatan MOS selama 3 hari, mulai masuknya pelajaran baru dan teman baru. Saat itu masih semangatnya sebagaimana pemuda yang baru mengenal dunia baru hehehe :D.
            Saat itu sepulang sekolah ramai pergi ke suatu ruang kelas, karena rasa ingin tahu yang tinggi jadi saya memutuskan kesana bersama teman baru saya, dan kamipun disuruh masuk oleh kakak kelas, karena merasa bingun kenapa, ternyata itu adalah yang ingin mengikuti “Ekstrakulikuler Paskibra”. Spontan nih saya kaget, Hah ? waduh terjebak di lubang buaya nih -_-“. Dan dengan terpaksa saya mengikuti latihan paskibra di SMA,
            Waktu terus berlalu semakin lama aku merasakan semakin mulai menikmati suasana paskibra, dan mulai akrab dengan keluarga paskibra, kenapa saya mengatakan keluarga paskibra ? “karena suatu Organisasi adalah tempat dimana kita di bina dan di tempa, dan dari organisasi kita mengenal cara untuk berani tampil di depan umum, mempunyai rasa disiplin dan mempunyai wibawa, mungkin sebagian orang paskibra itu keras dan sebagainya, saya pun berfikiran begitu awalnya, setelah saya masuk dan tenyata berbanding 180o, ternyata kegiatannya mengasyikkan, kita diajarkan mengenai cara gerakan yang benar, dan caramengibarkan bendera, akan tetapibukan hanya itu saja, kita juga diajarkan membangun kebersamaan, kedisiplinan, tanggung jawab serta jiwa kepemimpinan, itu semua tidak pernah saya dapatkan selama dalam proses belajar dan mengajar”
            Latihan paskibra di adakan pada hari Rabu dan Minggu, jujur sebenarnya hari minggu yaitu hari dimana kita menenangkan pikiran dan beristirahat selama 6 hari kita belajar di sekolah, dan berkumpul sama keluarga, akan tetapi di Organisasi Paskibra juga kita bisa berkumpul bersama teman – teman, berkumpul sama kakak kelas lebih akrab, berbagi pengalaman, wawasan, dan bagi saya itulah liburan yang sangat menguntungkan. Mengapa saya bilang menguntungkan ? karena dimana nih kita bisa mendapatkan keakrapan, wawasan, pengalaman, serta berlatih tanggung jawab, disiplin dan berjiwa kepemimpinan. Kebanyakan Liburan digunakan untuk berhura – hura, yang sebenarnya gak ada manfaatnya, Thinking about your Success.
            Dalam kegiatan Paskibra ada tingkatan yaitu pertama kita menjadi “TAPAS” yaitu Tamu Paskibra, yang kedua “CAPAS” yaitu Capas Paskibra, yang ketiga “MPG”  yaitu Merah Putih Garuda, nah sobat inilah yang menandakan bahwa kita telah menjadi senior yaitu MPG, akan tetapi mencapai itu kita harus bisa melewati TAPAS dan CAPAS , setiap mau naik tingkat, adanya evaluasi dan di tes kemapuan kita, saat itu ha yang sangat membuat gemetar, karena ujiannya seperti tentara, akan tetapi saya optimis bahwa saya bisa!!.
            Ujian itu di hari minggu, kami bersama – sama kami datang pagi bangett nih pukul 05:45 WIB , kumpul bersama di POS satpam sebelum menuju Ke sekolahan, yang jaraknya sekitar  500 m. Saat itu kami disuruh membawa bekal dengan menu yang sama, itu tantangan awal yang udah terlihat sulit, akan tetapi kami berunding bahwa ada yang harus memasak ini diantara kita, saya berkata “gak mungkin dong cowok masak nanti gak enak dan gosong nanti kalian gak mau makannya hehehe”, dan yang cewe pun bersedia untuk memasak buat kami semua, dan ketika sampai berkumpul di POS kamipun berbagi lauk, dan setelah itu diperintahkan jalan oleh senior paskibra, dan kamipun mulai melangkahkan kaki kami menuju sekolah, dengan gemetaran dan rasa takut, karena kami baru pertama kalinya ikut paskibra. Setelah melangkah lumayan jauh, kami disuruh jalan jongkok, mungkn ini bagian tes fisik, dan kamipun menuruti kata kakak senior, setelah itu kami disuruh lari dengan barisan yang rapi sambil bernyanyi lagu paskibra. Dan setelah berlama – lama berjalan, berlari dan jongkok, kamipun sampai di Sekolah, dan tenyata telah ramai alumni paskibra dan senior yang menunggu kami di Sekolah tepatnya dilapangan sekolah.
            Setelah sampai dilapangan, kami meletakkan tas kami serta minuman yang kami bawa, dan langsung diperintahkan untuk berbaris karena akan diadakan Upacara Apel pembukaan latihan Paskibra serta kenaikan tingkatan menjadi “CAPAS”.  Berasa banget latihan saat itu menjadi mengerikan dan mencekam, karena banyak banget alumni yang hadir, saya bersama teman – teman merasa gugup saat upacara. Saat selesai upacara, kami langsung persiapan lari keliling komplek pertamina, dan berlari sambil bernyanyi lagu paskibta, sesampai di dekat dengan sungai kami beristirahat sejenak disana dan sharing dengan senior, dan menceritakan bahwa
“kami gugup kak” ujar angkatan kami,
Senior berkata “ percaya diri dengan kemampuan kalian dan yang telah kita pelajari selama latihan ya dek, semangat dan konsentrasi”
            Kamipun langsung sontak kembali semangat karena telah muncul rasa percaya diri kembali, dan langsung berdiri dan berlari kembali menuju sekolah, sampai di sekolah kami olahraga pemanasan dahulu lalu setelah itu persiapan minum teh bersama, setelah itu langsung latihan gerakan seperti biasanya sampai pukul 09:00 WIB.
            Saat waktunya tiba, sontak langsung semuanya terlihat pucat dan gemetar kembali karena saat yang ditunggu sebentar lagi berlangsung, sebelum itu kami berdoa terlebih dahulu, dan langsung di tes kaminya dari gerakan dasar hingga laihan baris berbaris, dan alhamdlillah kami gak ada yang salah sama sekali, akan tetapi saat ujian kedua ternyata sendiri – sendiri ujiannya yaitu ujian fisik dan mental, sayapun berhasil melalui itu semua aan tetapi ada temenku yang terkena asma dia sesak nafas setelah selesai melaksanakan ujian juga, dan langsung di obati oleh senior saat itu, sontak yang cewek langsung pesimis, akan tetapi kami meyakinkan kalian pasti bisa kok semangat!!.
            Dan akhirnya yang cewek juga berhasil dan selesai semua ujian kedua saat itu, karena hari udah siang saatnya ISOMAH, kami makan bersama dahulu lalu langsung dilanjutkan shalat berjamaah di masjid.
            Setelah selesai shalat zhuhur berjamaah, kamipun langsung kesekolah lagi untuk melanjutkan tes terakhir dan disini tes intinya, rasa semangatku berlahan memudar mungkin karena cuaca yang begitu panas, akan tetapi mau tidak mau harus tetap semangat, di ujian terakhir yaitu ujian kebersamaan, kekeluargaan, tanggung jawab, dan disiplin, disini yang sangat membingungkan, karena saat di Tes angkatan kami, senior yang telah mengajari kami selama ini kena hukum juga dan disuruh pulang oleh alumni, sontak kami bingung, karena saat itu kami lagi dikumpulin dan lagi mau di Tes, akan tetapi kami kompak untuk berlari mengejar senior kami dan menahan mereka agar tidak pulang dan membantu kami serta melihat hasil yang telah kalian ajarkan kepada kami, dan suasana pun berubah menjadi haru, air mata pun menetes ke bumi dan tak bisa dipungkiri sayapun ikut menangis karena saya telah mengganggap paskibra adalah keluarga saya dan disini kami bersama suka dan duka, dan saya berusaha membujuk senior agar tidak pulang dan bersama – sama melewati ini. Dan akhirnya pun senior tidak jadi pulang dan kami pun kena hukum karena lebih memilih senior dari pada ujian selanjutnya, dan kamipun hanya bisa pasrah dan kami berkata pada alumni “kami lebih baik tidak lulus dari pada kami kehilangan senior kami!!” sontak langsung suasana kembali menegangkan, akan tetapi alumni yang menguji kami bertepuk tangan dan menyatakan bahwa kalian LULUS ujian dan semuanya naik tingkat ke “CAPAS”. Kami merasa bingung, karena kami bersalah akan tetapi diluluskan, dan alumnipun langsung menjelaskan bahwa tadi hanya skenario untuk melihat dimana rasa disiplin, tanggung jawab kalian, serta kebersamaan kalian dalam paskibra ini, ternyata kalian telah mempuyai ikatan yang kuat dengan senior kalian dan juga sudah kompak dan saya nyatakan kalian LULUS pada ujian CAPAS” dan kamipun merasakan bahagia, rasa haru nangis berubah menjadi rasa bahagia dengan senyuman yang indah.
            Setelah 3 bulan kemudian, tibalah untuk kenaikan tingkat lagi mejadi MPG, disini yang paling dinanti karena dengan adanya MPG kami resmi untuk bisa mengajar adik junior kami nantinya, untuk mendapatkan itu semua butuh banyak perjuangan yang lebih dari saat ujian capas kemarin. Banyak peralatan yang harus kami bawa untuk ujian ini. Saat waktunya tiba kami disuruh kumpul Pada pukul 5:30 WIB di POS satpam, dan saat itu karena ada teman kami yang kesiangan jadi kami menunggunya hingga pukul 06:00 WIB dan langsung berlari dari depan menuju kesekolah, setelah di pertengahan jalan , kami disuruh jalan jongkok dengan bawakan yang begitu berat luar biasanya, sampai diskolahan langsung kena marah karena kami telah kesiangan sapai disana, kami terima hukuman itu karena memang salah kami saat itu.
            Setelah itu langsung apel pembukaan bersama pembina paskibra yang saat itu datang. Setelah itu langsung dimulai ujiannya yang begitu sulit, pertama latihan gerakan yang telah diajari, setelah itu , latihan kekompakan, lalu latihan fisik dan mental, yang terakhir latihan dengan mata tertutup.
            Setelah selesai semua ujiannya hari telah mulai sore, kami disuruh mencari garuda dan juga skrab untuk pelantikan besok, ini yang sulit yang tidak mendapatkan itu dinyatakan tidak lulus saat itu, saya langsung mencari garuda dan skrab dengan alumni dan juga kakak senior akan tetapi saat saya minta ada tantangannya juga yaitu disuruh nembak cewek hahaha :D dan juga disuruh berjoget wkwkw :v saat itu saya merasa wahh sulit banget untuk mendapatkan itu, akan tetapi saya lakukan. Setelah itu disuruh kumpul oleh senior, dan ditanya siapa yang belum dapatkan garuda dan skrab, ternyata banyak, sayapun beserta teman – teman yang telah dapat membantu mencari agar cepat dapat. Dan akhirnya pun kami mendapatkannya semua dan dinyatakan LULUS semua.
            Keeskokan harinya tibalah hari yang ditunggu – tunggu yaitu pelantikan MPG yang saat itu suatu kebanggaan sendiri, saya merasa berhasil atas perjuangan selama ini, saat itu tepat dihari senin, kami menggunakan pakaian putih – putih dengan memakai peci yang ada garuda dan juga skrab layaknya pengibar bendera di Istana Negara, dan semua murid berkumpul di dalam aula dibelakang guru, dan senior kami juga telah baris di barisan yang telah disediakan, kamipun mulai bersiap – siap untuk memasuki aula yang telah ramai, dan kamipun langsung bergerak dengan aba – aba dari ketua, dan memasuki aula, dan pelantikanpun dimulai, nama kami disebutkan dan mengucapkan janji jabatan angkatan kami, setelah selesai semua, kami dipasangkan MPG oleh gutu –guru dan setelah itu mencium bendera merah putih bukti bahwa kami mencntai tanah air kami yang indah ini.


            banyaknya kenangan yang tersimpan dari organisasi paskibra, untuk saudaraku, jangan takut untuk berorganisasi karena kalianlah masa depan generasi pemuda, yang pada tanggal 28 oktober kemarin kita melakukan upacara sumpah pemuda, ayo berorganisasi karena dengan berorganisasi kalian lebih berani tampil di depan umum dan mempunyai rasa disiplin yang sangat penting didalam dunia kerja, ditambah saat ini kita memasuki dalam Masa MEAN ( Masyarakat Ekonomi Asean ), apabila kita tidak ada softskill kita akan menjadi babu dalam negeri kita sendiri, bangkitlah waha saudaraku pemuda indonesia, tunjukkan kita bisa !! kumandangkan lagu Nasional kita, tunjukkan semangat kita, dan bersatu bersama. 
Sumber : http://www.postinganmusa.com/2015/06/cara-membuat-tombol-share-keren-di-blog.html#ixzz420Z3yCcA

0 comments:

Post a Comment

Entri Populer

Blackjack widgets